Manfaat buah Pisang

Pisang salah satu buah favorit masyarakat, buah ini sering dimakan sehabis makan nasi. Ada bermacam jenis pisang yang ada di sekeliling kita. Ada pisang ambon, pisang raja, pisang susu, pisang tanduk dan lainnya. Selain enak dimakan pisang juga mempunyai khasiat yang baik buat tubuh.  Dari kandungan gizi yang dimiliknya membuat pisang banyak manfaatnya. Satu buah pisang rata rata mengadung 110 kalori. Kandungan gizi pisang diantaranya Karbohidrat, Potasium, Vitamin C, Vitamin B6, mangan, dan nutrisi lain yang jumlahnya relatif kecil seperti, Vitamin A, Vitamin E, Magnesium, Kalsium, fosfor, Folat, karoten dan asam amino.


Manfaat pisang yang dibisa diambil diantaranya

Sebagai Sumber Energi
Pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup sehingga dapat membantu pasokan energi untuk beraktivitas sehari-hari.
Makan pisang sehabis sarapan sudah cukup untuk bertahan sampai makan siang tanpa harus makan camilan.

Mengatasi Sembelit
Makanlah pisang setiap hari karena akan membantu memperlancar sistem pencernaan dan juga akan memperlancar buang air besar. Hal ini disebabkan kandungan serat dan nutrisi yang ada dalam buah pisang.

Menjaga kesehatan Jantung
Fungsi otot dan saraf akan terjaga dengan baik bila mengkonsumsi pisang, hal ini karena kandungan potasium yang cukup tinggi. Kandungan potasium dalam pisang sekitar 400 mg. Potasium  baik untuk fungsi otot dan saraf, demikian juga dengan otot jantung dan otot lainnya. Potasium ini juga dapat mencegah kram setelah berolahraga.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin C sekitar 10 mg bisa menambah pasokan vitamin c sekitar 15 persen kebutuhan. Dengan terjaganya sistem kekebalan maka tubuh akan terjaga dari serangan penyakit.

Membantu pertumbuhan sel baru
Sel sel baru sangat diperlukan tubuh, kandungan Vitamin B6 dapat membantu pertumbuhan sel sel baru. Pisang memasok Vitamin B6 yang disebut pyrodixine sejumlah 35 persen kebutuhan yang direkomendasikan. 

Menyehatkan tulang
Kandungan mangan setiap satu buah pisang sekitar 3 mg dapat memnatu untuk menyehatkan tulang.

Selain manfaat diatas masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu mengkonsumsi pisang setiap hari sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber
Title : Manfaat buah Pisang
Description : Pisang salah satu buah favorit masyarakat, buah ini sering dimakan sehabis makan nasi. Ada bermacam jenis pisang yang ada di sekeliling k...

0 Response to "Manfaat buah Pisang"

Posting Komentar